Alvonsus Glori A, S.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bahas...

Selengkapnya
Lunch & Dialog dengan Prof. Dr. J. G. Nirbito, M.Pd sang pakar koperasi Nasional
Alvonsus glori & Prof. Dr. J. G. Nirbito, M.Pd

Lunch & Dialog dengan Prof. Dr. J. G. Nirbito, M.Pd sang pakar koperasi Nasional

Hari ini menjadi sangat bermakna karena kegiatan lokakarya Penguatan Ekonomi Koperasi yang di gelar di Ballroom lantai 5 hotel Aria Centra Surabaya semakin mantap dengan penguatan literasi yang diberikan Prof. Dr. J. G. Nirbito, M.Pd.

Saat sesi makan siang aku coba berdialog tentang pertumbuhan perekonomian di Jatim. Ia menjelaskan bahwa koperasi di Jatim telah menunjukan kelasnya sebagai barometer finansial dengan meyumbangkan pertumbuhan ekonomi propinsi yaitu sebesar 75%. Ini adalah indikator bahwa community interprise menjadi kekuatan jati diri koperasi.

Dalam hal ini koperasi telah menampakkan dirinya sebagai kesatuan swadaya yang lahir dari minoritas. Hanya dengan saling percaya, maka setiap anggota harus dapat mencapai titik dengan kekuatan kerjasama dan solidaritas

Koperasi tidak bisa disamakan dengan martshop karena tujuannya tidak mencari keuntungan namun mengembangkan kesejahteraan anggota dan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

"Koperasi tidak bisa disamakan dengan lembaga keuangan apapun yang mempunyai sifat mencari keuntungan dan didukung dengan modal. Jadi pertumbuhannya sangat cepat, sedangkan koperasi tumbuh dengan besar karena ada kekuatan dan kerjasama yang kompak dari anggota mengingat bahwa seluruh komponen koperasi harus menitikberatkan pada kerjasama tim yang baik dan profesional dalam mengelola keuangan swadaya solidaritas.

Dia juga mengumpamakan bahwa koperasi ibaratnya adalah pemanjat dalam festival panjat pinang yang butuh saling kerjasama antar anggota untuk mencapai kesejahteraan bersama.

"Seseorang masuk koperasi harus mau berkorban baru layanan akan didapat," ia harus menguasai dan mengerti serta memahami hak dan kewajiban sebagai anggota koperasi yang baik. Mau mengeluarkan segala jerih payah usaha, pemikiran untuk dapat mewujudkan kepentingan bersama.

Memang menjadi hal tersulit ketika anggota tidak memahami arti berkoperasi. Begitu pentingnya soliditas anggota, memulainya hanya dari pendidikan.

Bahwa hidup matinya koperasi bergantung pada semangat masing-masing anggota untuk saling bersinergi dan memecahkan permasalahan yang ada. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran dari anggota agar koperasi bisa menciptakan koperasi kompetitif yang mampu bersaing.

Untuk membangkitkan gairah generasi muda terhadap koperasi, maka perlu diperkenalkan apa sebenarnya koperasi itu sendiri. Salah satunya adalah sosialisasi tentang koperasi pada generasi muda.

Salam literasi

Salam CUsanqtih http://cusanqti.com/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali