Alvonsus Glori A, S.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bahas...

Selengkapnya
Sego pecel Simbol Kebhinekaan Indonesia.

Sego pecel Simbol Kebhinekaan Indonesia.

Pesan yang menarik dan sarat makna dalam kuliner Indonesia khas Jawa yaitu " SEGO PECEL kalo kera Ngalam nyebutnya Oges Lecep.
Oges lecep alias sego pecel mengingatkan kita dilahirkan dari kalangan biasa dan sederhana, hidup apa adanya yang memulai segala sesuatu dari bawah.
Berbekal norma dan adat kebiasaan juga perawatan kasih sayang keluarga serta didikan leluhur sekitar, kita siap untuk terjun keluar. Dengan bekal semangat dan niat kita siap diolah untuk lebih berkualitas. Diuleg, diramu dan diremas, dicampur diuleni dengan berbagai bumbu pengalaman pahit asem pedes manis, hingga terciptalah kualitas rasa yang menjadikan manusia berkualitas berkarakter luar biasa.
Dalam sepiring atau sepincuk sego pecel, kita menemukan kesederhanaan, keragaman, dan makna jati diri kita dalam hidup berkeluarga dan bermasyarakat.
Mulai dari kalangan masyarakat kelas pinggiran, tengah, hingga atas, semua makan kuliner yang namanya sego pecel. Mulai dari warung kaki lima, hingga restoran bintang lima, semua menyajikan sego pecel. Sego pecel tak pernah disajikan sama. Meski pilar dasar dari pecel, yaitu sayur dan bumbu pecel, selalu ada, namun jenis sayur yang dipilih, sambal yang ditaburkan, hingga lauk, rempeyek dan kerupuknya, tak pernah sama. Setiap orang punya favorit pecelnya masing-masing. Dan perbedaan itu tidak jadi masalah.
Esensi dari makna dan filosofi sego pecel adalah “kebebasan, keragaman”. Tak ada campuran yang salah, semua bisa ditafsirkan secara ilmiah. Dan kita masih bisa menyebutnya, sego Pecel
Berbagai sajian sego pecel menunjukkan warna warni bangsa ini. Bahwa keragaman telah menjadi kekayaan bangsa ini. Perbedaan, kesederhanaan, keserbabolehan, dan kemauan menerima perbedaan, adalah filosofi dari sepiring dan sepincuk seho pecel. Dari sepiring dan sepincuk sego pecel, kita belajar kehidupan.
Sego pecel, menyadarkan kita atas hakikat diri sebagai warga dan masyarakat bangsa Indonesia bahwa bangsa kita adalah bangsa agraris yang sederhana, namun kaya. Menjadi pondasi dasar dan harus melandasi diri pada esensi dasar kekuatan bangsa ini, yaitu bangsa agragris.
Kita hidup dalam kebhinekaan dengan menjiwai makna Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan kita bahwa kita adalah satu, yaitu Indonesia.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali