Alvonsus Glori A, S.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
SITUBONDO BERGETAR 6,3Sr SUMENEP TERGUNCANG
Alvonsus Glori

SITUBONDO BERGETAR 6,3Sr SUMENEP TERGUNCANG

Semua media cetak dan elektronik memberitakan rentetan bencana yang terjadi di Indonesia. Palu dan Donggala di hantam gempa bumi dan tsunami beberapa waktu lalu sekarang giliran Jawa Timur yang terkena bencana alam gempa bumi. Bagaimana tidak!, Getaran gempa yang terpusat di koordinat7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km tersebut mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali tepat pada Kamis pukul 01.57 WIB. BMKG melaporkan episenter gempa terletak pada koordinat. berdasarkan informasi up-date gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dikutip dari https://regional.kompas.com/read/2018/10/11/06114021/tiga-warga-sumenep-meninggal-dunia-akibat-gempa-di-situbondo. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep Rahman mengatakan, ada tiga korban meninggal dunia akibat bencana tersebut. Dua korban di antaranya bernama Nur Kamilia (7) dan Nadhar (55). Keduanya asal Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep. "Yang jelas saat ini masih dua korban. Yang satu masih identifikasi demikian keterangan yang bisa didapatkan. Selain ketiga korban jiwa tersebut, banyak bangunan milik warga mengalami kerusakan. Kerusakan rumah banyak terjadi di Kecamatan Gayam Pulau Sapudi, Kecamatan Bluto, Kecamatan Kalianget, dan Kecamatan Batang-Batang. Secara bersamaan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya menerangkan hal yang sama bahwa terdapat beberapa korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Kejadian terjadi pada dini hari ini ketika para korban sedang tidur. Mereka tidak bisa menyelamatkan diri.

Berikut ini daftar kerusakan rumah akibat gempa tersebut: Rumah rusak di desa Jambuir, Kec. Gayam Kepulauan Sapudi- Sumenep, Rumah rusak di Kopedi Kec.Bluto – Sumenep, Rumah rusak di Kertasada Kec.Kalianget – Sumenep, Masjid Desa Gendang Timur Kec.Sepudi - Sumenep, Rumah rusak di Nyabakan timur Kec.Batang-Batang - Sumenep.

Gempa M 6,4 ini telah dimutakhirkan menjadi M 6,3 oleh BMKG. Dampak gempa bumi dirasakan hampir seluruh wilayah Jawa Timur meliputi Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kab. Malang, Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali