Alvonsus Glori A, S.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bahas...

Selengkapnya
Tata Kelola Keorganisasian Dalam RAKER Kepala Sekolah Yayasan Karya Sang Timur Pusat
Br.Dr. G Bambang

Tata Kelola Keorganisasian Dalam RAKER Kepala Sekolah Yayasan Karya Sang Timur Pusat

Dalam upaya meningkatkan relevansi, kualitas pelayanan pendidikan yang lebih baik. Yayasan Karya Sang Timur Pusat menggelar RAKER yang diikuti oleh 80 peserta dari masing-masing satuan unit karya pendidikan mulai dari TK, SD, SMP dan SMA.

Rapat Kerja Yayasan Karya Sang Timur Pusat digelar di Aula Museum, Sang Timur Bandulan Kota Malang-Jawa Timur. Acara tersebut berlangsung mulai hari Kamis tanggal 8 maret 2018 dan berlangsung selama 5 hari.

Kegiatan raker diawali dengan Sambutan Ketua Komisi Karya Pendidikan Sr. Marsella PIJ dilanjutkan dengan sambutan wakil provinsial Yayasan Karya Sang Timur Pusat Sr. Ir. Yosefina Maria PIJ, M.Pd sekaligus membuka acara RAKER yang dilanjutkan persidangan, pemaparan program dan evaluasi serta follow up dari masing-masing jenjang (TK, SD, SMP dan SMA).

Dengan tema "KEPEMIMPINAN YANG BERINTEGRITAS, PROFESIONAL, MENJUNJUNG TINGGI KEBHINEKAAN, YANG BERPOLA PADA KRISTUS"

Wakil provinsial Yayasan Karya Sang Timur Pusat Sr. Ir. Yosefina Maria PIJ, M.Pd melalui ketua komisi karya Sr. Marsella PIJ mengharapkan kepada seluruh peserta untuk dapat berpartisipasi aktif dalam membangun pendidikan melalui setiap unit karya dengan mengedepankan kebersamaan, persaudaraan, berkualitas serta menunjukan loyalitas sebagai bentuk integritas.

Dalam rangka memenuhi prinsip menejerial yang baik dan berkualitas maka perlu Tata Kelola yang baik pula. Yayasan Karya Sang Timur Pusat menghadirkan Br. Dr. G Bambang sebagai pemateri RAKER kali ini dengan prioritas pada sistem tata kelola keorganisasian melalui SDM profesional, berkintegritas, berkredibel dan memiliki semangat karakter yang berciri khas Sang Timur.

Era jaman IT menuntut sistem tata kelola kemampuan kerja berdaya saing tinggi terlebih dengan semakin berkembangnya teknologi informasi. Hampir seluruh kehidupan tidak bisa dilepaskan dari IT. Setiap pergerakan dan perubahan menjadi cepat tersaji dan dapat terinformasikan dengan mudah dalam waktu yang relatif singkat. Bagaimana kita dapat menata, mengelola sekolah menjadi lebih baik di era digital saat ini?

Maka menjadi tanggung jawab bersama bagi setiap sekolah yang bergerak di bawah naungan Yayasan Karya Sang Timur Pusat untuk dapat merefleksikan kembali, mengevaluasi sistem tata kelola yang telah berjalan serta memunculkan ide, gagasan-gagasan, prakarsa dan kemampuan mencurahkan pemikiran cerdas dalam forum rapat kerja ini. Sehingga nantinya sekolah-sekolah Sang Timur di seluruh Bumi Nusantara mampu menjadi yang terbaik bukan karena kuantitasnya melainkan karena kualitas dan keragaman yang dimiliki setiap sekolah yang mampu memberikan sumbangsihnya demi mewujudkan generasi Bangsa yang berintegritas, berkualitas, memiliki spiritualitas yang tinggi sesuai dengan Nawacita Bangsa Indonesia melalui Revolusi Mental.

Merencanakan program kegiatan yang tentunya mengarah pada peningkatan kualitas tata kelola sekolah sebagai satu sistem dan kekuatan baru untuk menunjukan kepada seluruh masyarakat bahwa sekolah-sekolah Sang Timur di seluruh Indonesia sangat responsif dan adaptif terhadap setiap perubahan.

Dengan demikian, seluruh stakeholder dan pemangku kebijakan harus mengedepankan Visi Misi Karya Pendidikan yang diterjemahkan dalam Visi-Misi masing - masing sekolah. Setiap satuan kerja pada karya pendidikan harus dapat membangun kekuatan dan merubah cara berpikir, cara pandang konvensional menjadi konstruktif komunikasional. Hal ini adalah sebuah terobosan positif jika perencanaan program kedepan dapat diterjemahkan dan dilaksanakan dengan baik dalam satu sistem tata kelola responsif dan berkredibel.

Selain itu, dalam RAKER juga diagendakan kunjungan kerja Sekolah Selamat Pagi Indonesia dimana melalui cooperative partner diharapkan dapat bersinergi dan saling belajar bertukar informasi terutama modeling wirausaha mandiri yang bisa digagas oleh masing masing unit dengan mengadopsi dan melihat lebih dekat sistem penyelenggaran pembelajaran berbasis enterpreneurship.

Salam Inspiratif

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali