Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Menciptakan Pembelajaran Online Berkelanjutan Berkualitas & Menarik
Alvonsus glori

Cara Menciptakan Pembelajaran Online Berkelanjutan Berkualitas & Menarik

Berikut adalah beberapa petunjuk yang dapat membantu Anda menciptakan pengalaman belajar jarak jauh yang berkelanjutan dan menarik bagi siswa Anda.

1. KESEMPATAN ADALAH KUNCI

Setiap guru tahu bagaimana rasanya menjelaskan instruksi baru kepada siswa mereka. Itu biasanya dimulai dengan walk-through seluruh kelompok, diikuti oleh aliran pertanyaan yang tak ada habisnya dari siswa untuk memperjelas langkah selanjutnya. Meskipun proses ini terkadang membuat frustrasi, siswa selalu dapat mengandalkan satu sama lain dan guru di ruangan saat mereka macet.

Salah satu tantangan pembelajaran jarak jauh adalah bahwa Anda dan siswa Anda tidak lagi berada di ruangan yang sama untuk secara kolektif mengatasi kesalahpahaman. Sebaliknya, sebagian besar waktu belajar pasti akan didorong oleh tugas-tugas yang membutuhkan pengarahan diri sendiri yang tinggi.

Akibatnya, kesederhanaan adalah kuncinya. Sangat penting untuk merancang pengalaman pembelajaran jarak jauh yang memiliki instruksi yang sangat jelas dan hanya menggunakan satu atau dua sumber. Sebisa mungkin juga menyediakan sumber daya seperti bacaan sebagai PDF yang selalu dapat diakses siswa.

Ingatlah bahwa struktur sederhana masih membutuhkan kerja keras: Tugas dengan sedikit instruksi sering menghasilkan pemikiran tingkat tinggi yang lebih tinggi, ketika siswa mencari tahu apa yang harus dilakukan dalam parameter yang ditentukan. Pembelajaran jarak jauh harus mendorong pendidik untuk berpikir tentang bagaimana mereka bisa lebih ramping dan lebih ringkas dengan penyampaian informasi baru mereka.

2. MEMBANGUN DASAR RUMAH DIGITAL

Dalam semangat kesederhanaan, sangat penting untuk memiliki basis rumah digital untuk siswa Anda. Ini bisa berupa sistem manajemen pembelajaran yang disediakan distrik seperti Canvas atau Google Classrooms, atau bisa juga situs web kelas yang dibuat sendiri. Saya merekomendasikan Zoom, Google meet, handout, Google Sites, glorypowerock YouTube channel, Sahabat Literasi Kota Pasuruan, sebagai platform yang sederhana, mudah diatur. Sebagai contoh Sahabat Literasi Kota Pasuruan memiliki akses utama di Indonesia hal itu bisa dilihat saat anda memasukan Sahabat Literasi Kota Pasuruan di Google. Maka akan langsung muncul dengan sendirinya begitu pula glory powerock YouTube cahnnel.

Anda memerlukan platform digital tunggal yang selalu dapat dikunjungi siswa Anda untuk mendapatkan informasi terbaru dan terkini. Mungkin tergoda untuk melompat-lompat di antara semua aplikasi edtech yang keren di luar sana — terutama karena begitu banyak dari mereka yang menawarkan layanan gratis saat ini — tetapi kesederhanaan dan keakraban sangat berharga. Siswa perlu merasa nyaman pergi ke tempat yang sama untuk mengakses alat yang sama. Semakin jauh Anda dari siswa, semakin penting menumbuhkan stabilitas dan mempraktikkan norma.

Selain itu, jika kehadiran merupakan tantangan sebelumnya, pembelajaran jarak jauh akan memperbesarnya. Jadi siswa memerlukan tempat untuk pergi ketika mereka jatuh keluar dari lingkaran. Mengisi kesenjangan hanya akan menjadi lebih sulit ketika guru tidak dapat dengan cepat terlibat dalam instruksi individu atau kelompok kecil. Siswa-siswa Anda perlu mengendalikan pembelajaran mereka sendiri. Tujuan Anda adalah menciptakan kerangka kerja yang jelas yang memungkinkan mereka melakukan itu. Anda mungkin ingin memeriksa unit yang saya buat pada probabilitas dan statistik untuk melihat bagaimana saya memberikan instruksi dan mengatur pos pemeriksaan untuk siswa saya.

3. PRIORITAS YANG LEBIH LAMA, PENUGASAN YANG DIDASIKAN SISWA

Efisiensi adalah kunci ketika merancang pengalaman pembelajaran jarak jauh. Perencanaan akan membutuhkan lebih banyak waktu dan membutuhkan tingkat perhatian terhadap detail yang tinggi. Anda tidak akan dapat memperbaiki kesalahan dengan cepat atau tiba-tiba berputar ketika anak-anak dilepaskan.

Untuk mengatur waktu dan kewarasan Anda secara efektif, Anda perlu memprioritaskan tugas dan tugas yang digerakkan siswa lebih lama yang memberi Anda waktu untuk terus merencanakan unit di masa depan — dan yang membuat siswa Anda kehilangan komputer. Fokus pada pengembangan proyek-proyek jangka panjang di mana siswa memiliki otonomi dan serangkaian pos pemeriksaan dan tenggat waktu yang jelas yang harus dipenuhi. Jika memungkinkan, ciptakan peluang bagi siswa untuk mendiskusikan apa yang mereka pelajari dengan keluarga mereka dan memasukkan unsur pilihan siswa untuk benar-benar membangun keterlibatan.

4. SENTUHAN SENTUH INDIVIDU ADALAH PENGUBAH PERMAINAN

Apa yang paling akan dilewatkan oleh siswa Anda adalah hubungan manusia yang berkembang di ruang kelas Anda. Interaksi kecil yang Anda miliki dengan mereka di lorong-lorong, sebelum dan sesudah kelas atau selama istirahat dalam pelajaran, tidak tergantikan. Meskipun tergoda untuk fokus pada konten dalam tugas pembelajaran jarak jauh Anda dan video instruksional, yang lebih penting adalah menciptakan struktur untuk titik sentuh yang dipersonalisasi dengan siswa Anda.

Anda dapat membuat titik sentuh ini melalui media apa pun yang Anda suka: email, pesan video, panggilan telepon, pesan melalui sistem manajemen pembelajaran Anda, komentar pada dokumen bersama, dll. Buat struktur dan patuhi itu. Siswa Anda akan melihat investasi Anda dan tahu bahwa Anda peduli terhadap mereka.

Penting untuk diingat bahwa menumbuhkan pengalaman belajar jarak jauh yang menarik adalah sulit. Butuh waktu dan kesabaran yang luar biasa. Jika Anda baru mengenal pengalaman itu, Anda mungkin akan merasa seperti guru tahun pertama lagi. Tidak apa-apa! Atasi tantangan selangkah demi selangkah, pertahankan siswa Anda agar selalu mengetahui perkembangan Anda, dan tetap positif. Kamu bisa melakukan ini!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, terima kasih artikelnya

01 Jun
Balas

Matur nuwun, terima kasih Bu semoga bermanfaat buat anak bangsa he..he..

01 Jun

Terima kasih mbak Tantri, semoga memberikan inspirasi dalam mencerdaskan anak bangsa di kemajuan zaman dan teknologi

03 Jun
Balas

wah keren banget materinya. Sangat bermanfaat sekali

01 Jun
Balas



search

New Post