Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
WAJIB Tahu!! Amankah App pada IOS & Android Kita dari Malware!! Berikut penjelasannya
App aman atau tidak

WAJIB Tahu!! Amankah App pada IOS & Android Kita dari Malware!! Berikut penjelasannya

Apa aplikasi pihak ketiga?

Aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi perangkat lunak yang dibuat oleh orang lain selain produsen perangkat seluler atau sistem operasinya.

Misalnya, perusahaan pengembang aplikasi atau pengembang individu membuat banyak aplikasi untuk sistem operasi Apple atau Google.

Pabrikan tersebut juga membuat aplikasi untuk perangkat mereka sendiri. Dalam hal ini, itu disebut aplikasi pihak pertama atau "asli". Tetapi sebagian besar aplikasi yang tersedia adalah aplikasi pihak ketiga.

Begini cara kerjanya. Aplikasi email yang datang dengan perangkat seluler Anda - kemungkinan dengan nama pabrikan di atasnya - akan menjadi aplikasi asli. Jika teman sekamar Anda mengembangkan aplikasi yang memberikan saran dari "ibu" untuk situasi kehidupan apa pun, itu adalah aplikasi pihak ketiga.

Toko aplikasi resmi vs. toko aplikasi pihak ketiga

Apple® AppStore dan Google Play ™ adalah dua toko aplikasi resmi terbesar. Anda dapat pergi ke sana untuk mengunduh aplikasi seluler untuk iPhone atau perangkat Android Anda.

Setiap platform distribusi mencakup aplikasi asli - aplikasi yang dibuat Apple untuk sistem operasi iOS dan Google yang dibuat untuk perangkat Android.

Kedua platform juga mencakup aplikasi pihak ketiga - jutaan di antaranya. Pengembang atau perusahaan - pihak ketiga, bukan Apple atau Google - membuat aplikasi untuk bekerja di perangkat iOS atau Android.

Apakah mereka aman? Aplikasi pihak ketiga di toko aplikasi resmi biasanya mengikuti kriteria pengembangan yang ketat. Toko-toko juga memeriksa aplikasi untuk hal-hal buruk seperti malware.

Toko aplikasi pihak ketiga mungkin tidak menerapkan tingkat pengawasan yang sama terhadap aplikasi yang mereka izinkan terdaftar di toko aplikasi mereka. Tetap saja, ini bisa menjadi rumit. Toko aplikasi pihak ketiga mungkin menawarkan banyak aplikasi yang aman. Tapi ada juga kemungkinan lebih tinggi mereka menawarkan yang berbahaya.

Dan aplikasi tersebut dapat menginfeksi perangkat seluler Anda dengan kode berbahaya seperti ransomware dan adware. Itu karena iklan atau kode dapat "disuntikkan" ke dalam aplikasi populer yang mungkin Anda beli melalui toko pihak ketiga.

Toko-toko mungkin menjual aplikasi populer dengan harga lebih murah, yang mungkin terdengar menarik. Tapi pembelian murah itu bisa membahayakan privasi pengguna.

Berikut adalah beberapa contoh informasi sensitif yang mungkin diambil oleh toko aplikasi pihak ketiga:

Nomor telepon

Informasi perangkat

Alamat email

Apakah toko aplikasi pihak ketiga semuanya sama?

Penting untuk diingat bahwa tidak setiap toko aplikasi pihak ketiga memiliki tingkat risiko yang sama.

Google Play tidak tersedia di semua negara, misalnya. Jadi, banyak pengguna di negara-negara itu akan bergantung pada aplikasi yang mungkin sah dari toko aplikasi lain.

Ada satu hal yang sama dari toko aplikasi pihak ketiga: Mereka tidak dibatasi - artinya, pemilik sistem operasi tidak mengendalikan mereka.

Pengembang aplikasi sering menemukan bahwa kurangnya pembatasan menarik. Mengapa? Dua alasan:

Mereka mungkin dapat menargetkan audiens mereka dengan cara yang tidak dapat mereka lakukan melalui toko aplikasi resmi.

Mereka mungkin mendapatkan lebih banyak eksposur untuk aplikasi mereka di pasar "niche".

Anda mungkin tergoda untuk mengunduh aplikasi di toko pihak ketiga, tetapi Anda tidak bisa memastikannya.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu tetap aman saat membeli dari toko aplikasi pihak ketiga?

Salah satu cara untuk meminimalkan bahaya dari toko aplikasi pihak ketiga adalah dengan menghindarinya. Tetapi, meskipun Anda melakukannya, Anda juga dapat mengunduh aplikasi dari salah satu toko aplikasi resmi dan membuat perangkat Anda terkena malware.

Jadi, bagaimana Anda menjaga keamanan perangkat dan informasi pribadi Anda? Itu bagian dari akal sehat, dan itu bagian dari perlindungan.

Sebelum instal App pada IOS dan Android pastikan anda semua sudah membaca ulasa, melihat rating analisa dan comment para pengunduh. Jangan sampai kita menginstal asal asalan yang tanpa kita sadari telah memasukan email karena ini adalah celah utama akun kita teretas. Semoga bermakna.

Salam informatif, salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post